Proses Evaluasi Pendidikan: Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (pkkm) di MTs. Al-Ikhlas Berlangsung Sukses

23 November 2023

Dalam upaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, MTs. Al-Ikhlas menggelar Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) dengan penuh semangat. Acara ini dihadiri oleh 2 Pengawas Madrasah dari Kemenag Kab. Pati yaitu Hj. Karyati, S.Ag, M.Pd. dan Hj. Siti Sa’adah, S.Ag., M.Si yang berlangsung pada tanggal 23 November 2023, menciptakan momentum penting bagi pengembangan pendidikan di lembaga ini.

Proses evaluasi yang dilakukan Pengawas Madrasah di MTs. Al-Ikhlas menjadi ajang refleksi dan peningkatan bagi kepemimpinan madrasah. Kepala Madrasah, Ibu Yulihatiningsih, S.Pd.I, menyambut baik kegiatan ini sebagai langkah konstruktif dalam mengidentifikasi kekuatan dan area yang dapat ditingkatkan dalam pengelolaan madrasah.

Pengawas Madrasah, Ibu Hj. Karyati, S.Ag, M.Pd., menyatakan, “PKKM adalah salah satu instrumen penting untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Kami sangat mengapresiasi dedikasi MTs. Al-Ikhlas dalam berpartisipasi aktif dalam proses penilaian ini. Ini adalah wujud komitmen untuk memberikan pendidikan terbaik bagi siswa-siswi.”

Kegiatan PKKM mencakup evaluasi berbagai aspek, termasuk kepemimpinan, manajemen pendidikan, kinerja guru, kurikulum, dan pelayanan kepada siswa. Pengawas Madrasah melibatkan seluruh tenaga pendidik dan pegawai untuk memberikan masukan yang holistik, menciptakan gambaran yang komprehensif tentang dinamika madrasah.

Ibu Yulihatiningsih, Kepala Madrasah, menjelaskan, “Kami melihat PKKM sebagai peluang untuk tumbuh dan berkembang. Masukan yang diberikan Pengawas Madrasah membantu kami memahami potensi dan tantangan yang perlu diatasi. Dengan semangat terbuka, kami siap melakukan perbaikan dan inovasi demi peningkatan kualitas pendidikan.”

Sebagai bagian dari PKKM, ada juga sesi dialog antara Pengawas Madrasah dan seluruh sivitas akademika madrasah. Hal ini memberikan ruang bagi pertukaran gagasan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang dinamika lingkungan pendidikan. Keberlanjutan komunikasi ini diharapkan dapat menjadi landasan untuk perbaikan berkelanjutan.

Meskipun merupakan proses evaluasi yang menuntut, suasana PKKM di MTs. Al-Ikhlas diwarnai oleh semangat kolaborasi dan tekad untuk terus maju. Para peserta meyakini bahwa evaluasi ini adalah langkah positif menuju pencapaian standar pendidikan yang lebih tinggi dan penyempurnaan manajemen madrasah.

Dengan suksesnya Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah di MTs. Al-Ikhlas, harapannya kegiatan Ini akan menjadi dorongan positif untuk meningkatkan mutu pendidikan Islam di Indonesia, membawa dampak positif pada generasi penerus yang tengah menimba ilmu di lembaga-lembaga pendidikan agama.

Scroll to Top